Donasi Literasi Lakukan Trauma Healing pada Anak Korban Banjir

Foto : Anak-anak Desa Baun Bango menyampaikan harapan, impian dan cita-citanya.

Donasi Literasi Lakukan Trauma Healing pada Anak Korban Banjir

Administrator

03 Oktober 2021 16:27

Seperti yang kita ketahui saat ini, banjir dialami oleh sejumlah kabupaten di Kalimantan Tengah, sehingga diperlukan trauma healing pasca bencana pada anak. Trauma healing dalam kegiatan Donasi Literasi Batch 4 ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional anak-anak pasca bencana banjir dengan berbagai macam permainan dan edukasi yang dilakukan secara bersama pada anak.

Donasi Literasi Batch 4 dilaksanakan di Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Perjalanan dari Kota Palangka Raya menuju lokasi ditempuh dalam waktu 3 jam menggunakan mobil. Dimana kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 sekaligus memperingati Hari Batik Nasional.

(Baca Juga : Aliansi Pemuda Palangka Raya Bantu Donasi Korban Kebakaran Mendawai)

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan dan donatur yang telah terlibat dalam kegiatan ini. Kami yakin apa yang telah diberikan baik bersifat materiil maupun rohaniah akan sangat bermanfaat bagi anak-anak Desa Baun Bango, “ kata Nurul Fitri, selaku Perangkat Desa Baun Bango, Sabtu (02/10/21).

Gerakan ini merupakan aliansi komunitas pemuda Kalteng, diantaranya adalah Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Kalteng Cerdas, HIMPSI Kalteng, Euroweek Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Bintang Literasi, Duta Inspirasi Kalteng, XSR Kalteng, Ikatan Mahasiswa Palangka-Surabaya, Hisfarma Ikatan Apoteker Indonesia Kalteng, Antrepublic Coffe, serta media platform infokalteng dan infoplk.

Menurut Ipan Dwi Nata, Ketua Donasi Literasi Batch 4 “Banyak anak-anak yang menjadi korban banjir membutuhkan pertolongan para relawan. Kami segenap relawan Donasi Literasi dalam rangka peduli korban bencana banjir bergerak untuk menyalurkan bantuan tersebut langsung kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat dan motivasi baru bagi anak-anak di Desa Baun Bango, “ ucapnya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi pada anak-anak. Mengingat dengan tingkat literas yang tinggi maka kualitas sumber daya manusia akan meningkat.

Menurut keterangannya juga, seluruh relawan yang berangkat, sehari sebelum keberangkatan telah melaksanakan swab antigen. Tes Swab tersebut bertujuan demi keamanan dan kesehatan bersama baik relawan atau warga setempat.

Kedatangan tim juga disambut baik oleh pihak Desa Baun Bango dan warga setempat. Bahkan antusias anak-anak dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pun begitu semangat dan senang.

“Hal paling menarik dalam kegiatan ini yaitu pada saat mendengarkan dongen, menuliskan harapan dan games. Nilai  positif yang dapat diambil dari kegiatan ini yaitu, kita dapat mengambil makna dari dongeng yang telah diceritakan dan kami menjadi berani untuk menuliskan harapan, cita-cita atau impian kami. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan karena ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan mengasyikan, “ terang Hanaya Mordekhai Nadie, anak Desa Baun Bango.

Di akhir kegiatan, seluruh  relawan, perangkat desa dan juga anak-anak  berfoto bersama untuk mengenang kegiatan pada hari ini.