Mahasiswa Palangka Raya Asal Nias Galang Aksi Peduli Banjir Nias Utara

Komunitas Happinas galang dana untuk korban banjir di Nias Utara yang dilakukan di sekitar ruas jalan Palangka Raya.

Mahasiswa Palangka Raya Asal Nias Galang Aksi Peduli Banjir Nias Utara

Administrator

24 Agustus 2021 05:45

Oleh : Yariyanto Zendrato

Himpunan Pemuda Pemudi Nias (HAPPINAS) Kota Palangka Raya menggalang aksi dana atas korban bencana banjir bandang yang menimpa masyarakat Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari Kepulauan Nias ini langsung turun ke jalan dibeberapa titik lampu merah ruas jalan Kota Palangka Raya. Kegiatan aksi sudah dimulai sejak tanggal 21 Agustus 2021 dan telah dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dengan tujuan memaksimalkan hasil yang didapatkan. 

(Baca Juga : Donasi Literasi Lakukan Trauma Healing pada Anak Korban Banjir)

"Hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap korban bencana banjir yang melanda tanah kelahiran dan kami merasa punya tanggung jawab akan musibah yang menimpa orang tua, saudara kita di sana, " ujar Saferius Zebua selaku Koordinator lapangan aksi, Mahasiswa asal Nias Kota Palangka Raya, Sabtu (21/8/21).

Semua aksi yang dilakukan baik turun ke jalan maupun open donasi dengan menyebarkan pamflet di sosial media ini dilakukan demi membantu sesama masyarakat, karena pemberian ini merupakan hal yang sangat mendasar bagi seluruh manusia. "Sudah sepantasnya sesama manusia saling membantu, Apalagi saudara-saudara kita yang dilanda bencana banjir bandang beberapa waktu lalu, kondisinya sudah sangat memprihatinkan, " kata Ketua Umum Happinas. 

Lebih lanjut dikatakannya, bencana alam seperti banjir ini biasanya terjadi ketika curah hujan yang sangat tinggi, sehingga air di sungai maupun selokan meluap ke pemukiman penduduk. Sebagai bentuk kepedulian, Happinas Palangka Raya yang merupakan mayoritas mahasiswa dari Nias mencoba melakukan aksi ini hingga menyalurkan bantuan kepada masyarakat di beberapa lokasi di Nias Utara. 

"Memang pemberian kami tidak seberapa dengan kerugian yang dialami masyarakat akibat banjir. Namun, bantuan ini kiranya diterima dengan harapan bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, " terangnya. 

Pada kesempatan yang sama, Nico salah satu warga masyarakat Kota Palangka Raya mengatakan bahwa sangat mendukung kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh komunitas kepemudaan seperti ini, apalagi melakukan penggalangan dana untuk korban bencana untuk saudara kita di Indonesia. "Aksi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Nias ini meski di tanah perantauan sangat positif dan perlu diapresiasi sebagai contoh kecintaan akan daerah dan ini sangat bermanfaat, " jelasnya.