Sambut Kemerdekaan RI, Aliansi Pemuda Kalteng Lakukan Aksi Sosial

Foto : Penyerahan secara simbolis oleh Muhamad Kadafi, Ketua Tim DL kepada Ketua Yayasan Al-Khairat.

Sambut Kemerdekaan RI, Aliansi Pemuda Kalteng Lakukan Aksi Sosial

Administrator

17 Agustus 2021 10:01

Negara Republik Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan setiap satu tahun sekali, yaitu pada tanggal 17 Agustus. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945. Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan satu di antara momen penting bagi Indonesia, di mana pada saat itu Indonesia dinyatakan merdeka dari negara penjajah.

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, menjadi tema besar dalam peringatan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 tahun 2021 ini, tepat pada hari ini, Selasa 17 Agustus 2021.

Dalam momentum ini, Tim Donasi Literasi yang terdiri dari beberapa komunitas Pemuda di Kalteng menyelenggarakan kegiatan Donasi Literasi Batch 3 sekaligus upacara peringatan hari kemerdekaan di Yayasan Panti Asuhan Al-Khairat, Desa Hampalit, Kabupaten Katingan. Perjalan dari Kota Palangka Raya ditempuh dalam waktu 2 jam dengan jarak 250 KM menggunakan mobil. Demi keamanan dan kesehatan bersama, seluruh tim yang berangkat melakukan swab antigen, satu hari sebelum kegiatan, dan mendapati hasil seluruh anggota tim dinyatakan negatif.

Muhamad Kadafi, selaku Ketua Tim Donasi Literasi Batch 3 menjelaskan "Tujuan Donasi Literasi dalam Semarak Kemerdekaan adalah mengambil momen HUT RI 76 Tahun sebagai bagian dari mewujudkan Merdeka Belajar bagi anak bangsa yang saat ini tertinggal dari jangkauan pendidikan layak, dan melalui Donasi Literasi ini adalah gerakan bersama untuk sadar akan pentingnya literasi kita saat ini apalagi di tengah pandemi, " terangnya, Selasa (17/8).

"Harapan kita, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang menerima dan kedepan tingkat literasi di Indonesia meningkat terkususnya di bumi Tambun Bungai, dan semoga semakin banyak orang-orang yang terbuka hatinya untuk bahu membahu membantu kegiatan ini ke depannya, " tambahnya.

Di kegiatan ini, tidak hanya menata dan menambah koleksi perpustakaan, tetapi Tim DL juga memberikan materi edukasi mengenai Wawasan Kebangsaan, Motivasi, Bahasa Inggris, IPA, dan Kesehatan. Siswa sangat antusias dan menyambut baik kedatangan tim DL. PC Ikatan Apoteker Indonesia Kab. Katingan memberikan materi tentang pengenalan profesi Apoteker dan pengetahuan dasar tentang obat kepada anak asuh. Diharapkan dari penyampaian materi tersebut anak asuh dapat lebih hati- hati dalam penggunaan obat.

Tim ini tergabung dari beberapa komunitas, yakni Kalteng Cerdas, GMNI, Euroweek Indonesia, Ant Republic, Duta Inspirasi, Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Bintang Literasi, IMPKY Surabaya, Info Kalteng, Info Pky dan IAI (Hisfarma). Donasi yang telah terkumpul dari beberapa donatur berupa buku pelajaran, buku bacaan umum, pakaian, tas, alat tulis, dan bingkisan kudapan telah disalurkan kepada anak asuh Yayasan Al-Khairat.

"Saya mewakili Yayasan Al-Khairat mengucapkan terima kasih atas niat baik dari tim Donasi Literasi dan para donatur. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah motivasi anak-anak untuk belajar dan meningkatkan kegemaran membaca, " kata M. Syubadin Nur, Ketua Yayasan Al-Khairat.

Di akhir kegiatan, seluruh tim dan anak asuh makan bersama. Sebagai penanda berakhirnya kegiatan, dilaksanakan foto bersama untuk mengenang kegiatan hari ini.